"MASA DEPAN HUBUNGAN TURKI-UNI EROPA PASCA KUDETA"


"MASA DEPAN HUBUNGAN TURKI-UNI EROPA PASCA KUDETA"

by @hasmi_bakhtiar
S2 Hub. Internasional Lille, Perancis

1. Diundang diskusi tentang masa depan hubungan Turky - UE di salah satu masjid Turky di Lille tadi abis maghrib.

2. Ngomongin masa depan hubungan Turky-UE ini cukup menarik. Dua hati yang saling membutuhkan tapi tidak mungkin disatukan. Lieur :D

3. Sebelum kudeta terjadi gw udah ngetwit, susah bagi Turky untuk menjadi anggota penuh UE dan susah bagi UE menerima Turky sbg anggota penuh.

4. Turky dengan rezim Erdogan-nya jelas problem bagi UE, kondisi politik Turky sangat berbeda dg Albania yang juga ingin bergabung.

5. Kecuali Erdogan setuju mengubah fikroh politiknya atau menjadi warga UE kelas dua, mungkin masih bisa dipertimbangkan untuk masuk.

6. Tapi dg politik Erdogan ogah diperbudak barat atau kepentingan rakyat menjadi tolok ukur kebijakan politik, sulit bagi UE menerima Turky.

7. Hanya dulu gw pernah bilang, pengaruh Turky di Eropa sudah sangat kuat, bisa dikatakan keanggotaan Turky hanya formalitas saja.

8. Faktanya UE sudah ketergantungan terhadap Turky. Tadi pas diskusi gw katakan: nyenyak atau tidak tidur warga UE ada di tangan Turky.

9. Jadi gw rasa pasca kudeta gagal di Turky hubungan Turky-UE ga bakal banyak berubah, mungkin politik Turky yang relatif cair, UE gw rasa ga.

10. UE masih dan akan menjadi mitra Turky walau tanpa status. Terlalu sulit bagi UE untuk lepas dari Turky sebandel apapun Erdogan.

11. Tabiat hubungan UE-Turky sangat berbeda dengan tabiat hubungan Turky dengan negara lain, Amrikatau Israel misalnya.

12. UE-Turky saling membutuhkan walau saling gengsi. Turky ga mau mundur dr konsep demokrasi yg mereka anut, di sisi lain UE menyikapi dg gusar.

13. Namun UE ga bisa juga beneran marah, karena UE butuh Turky. Setidaknya dari sisi Keamanan dan Ekonomi.

14. Turky menjadi gerbang masuk ke Eropa. Saat ini jutaan pengungsi yang ingin ke Eropa tertahan di Turky. Kebayang jika Turky melepas mereka?

15. Saat ini saja Eropa sudah kelabakan. Jika Turky melepas jutaan pengungsi itu maka Eropa seketika akan spt Suriah, Irak atau Mesir.16. Baru berapa sih jumlah pengungsi masuk Eropa? Dan sudah berapa banyak kasus pemboman atau penembakan di Eropa? Itu sangat mengerikan bagi UE.

17. Kebayang pengungsi tanpa rumah tanpa pekerjaan memenuhi Paris atau Berlin? UE ga bisa mengatasi kemungkinan buruk tsb tanpa Turky.

18. Dari sisi Ekonomi, Erdogan hampir memenangkan perebutan ladang minyak/gas di utara Irak. UE ga dapet jatah kalau putus hubungan dg Turky.

19. Tapi itu semua ga bakal membuat mudah Turky masuk UE. Buktinya sejak Turky melamar ke UE pada tahun 1964 sampe sekarang mental terus

20. Juga UE takut konflik dalam negeri Turky akan menjadi tanggung jawab bersama nantinya. Konflik Kurdi misalnya, ini membuat UE ngeri.

21. Erogan sangat faham masuk UE susah, itu sebabnya Erdogan tidak begitu mau bergantung kpd UE, justru Erdogan membuat UE yang ketergantungan.

22. Terlihat pidato Erdogan pasca kudeta gagal kemarin dengan percaya diri 'menyerang' UE, tapi di sisi lain komunikasi dg Jerman tetep lancar.

23. Jadi, menurut gw hubungan Turky-UE ke depan akan terus terjalin, saling memberi manfaat walau tanpa status :D

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to ""MASA DEPAN HUBUNGAN TURKI-UNI EROPA PASCA KUDETA""

Posting Komentar